Google Search

Ads

Sabtu, 11 Agustus 2012

FAKTA DI BALIK SEMUT

Pasti nya kalian tahu tentang semut , di mana ada gula di situ ada semut . Tapi tahukah kalian tentang seluk beluk semut ? ternyata semut adalah hewan terkuat kedua di dunia , semut mampu menangkat 50x berat badan dia .Semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka. Koloni semut kadangkala disebut superorganisme dikarenakan koloni-koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan.


Seekor semut yang baru memasuki masa dewasa menghabiskan waktu untuk merawat ratu dan semut muda , lalu semakin lama menjadi penggali lalu melakukan  pekerjaan lainnya yang berkaitan di sarang , mempertahankan sarang dan akhirnya si semut di percaya untuk mempertahankan sarang . 

Pada beberapa spesies semut terdapat kasta fisik-pekerja , bisa memiliki ukuran tubuh yang berbeda beda di sebut pekerja minor,median dan major . Bila sebuah semut yang besar mempunyai kepala yang tidak proporsinal tetapi rahang nya kuat , semut ini disebut semut tentara .  Karena rahang yang kuat membuat mereka dapat bertarung melawan ancaman yang menyerang sarang .






..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berilah saya kritik atas apa yang saya tulis , dengan mengomentari artikel di atas .